Sudah Saatnya Ganti Angin Ban dengan Nitrogen di SPBU

Sudah Saatnya Ganti Angin Ban dengan Nitrogen di SPBU

Sudah Saatnya Ganti Angin Ban dengan Nitrogen di SPBUBan gampang kempes dan bocor? Coba ganti angin ban dengan nitrogen yang disediakan oleh SPBU. Beberapa tahun ini sudah ada wacana tentang jasa pengisian gas nitrogen untuk ban kendaraan yang bocor. Namun tidak sembarang kendaraan bisa boleh diisi dengan angin nitrogen. Khusus untuk ban berukuran besar saja atau yang ingin melakukan perjalanan jauh.

Kenapa banyak yang menyarankan untuk ganti pengisian angin ban dengan nitrogen? Tahukah apa perbedaan antara angin biasa dengan nitrogen? Secara sederhana, angin biasa itu udara yang setiap hari dihirup oleh manusia. Kapasitasnya sama. Sifatnya juga sama. Sementara angin nitrogen merujuk pada udara murni. Namun bisa juga angin biasa tetapi sudah melewati proses penyaringan.

Risiko saat ban diisi dengan angin biasa maka akan mudah kempes dalam beberapa hari atau minggu saja. Ini dikarenakan udara yang terkandung masih terkontaminasi oleh air. Tentu saja saat angin dipompakan ke ban masih berwujud gas. Tapi pada fase-fase tertentu, gas di dalam ban ketika suasana mendingin akan mencair. Inilah yang membuat ban mudah kempes.

Terutama saat barang bawaan berat. Berat yang diisi dengan angin biasa kemungkinan diisi ulang jadi lebih sering. Jauh berbeda dengan angin nitrogen. Untuk membedakan secara langsung coba lakukan pembedaan ini. Ambil dua ban baru. Masing-masing diisi dengan dua jenis angin yang berbeda. Salah satu ban diisi dengan angin biasa, yang satunya dengan nitrogen. Mana yang lebih ringan? Tentu yang ke-2.

Ban yang diisi oleh angin murni tanpa campuran gas (air), ia akan lebih tahan lama. Begitu kendaraan membawa barang berat dan melakukan perjalnan jauh, tidak mudah kempes. Gesekan antara ban dengan aspal pun menjadi minim. Kemungkinan bocor dan aus jadi kecil. Ini tentunya menguntungkan. Bayangkan saja saat melakukan perjalanan, tiba-tiba ban kempes di area yang jauh dari bengkel. Bikin repot, kan?

Angin nitrogen yang dipompakan ke ban akan membuat daya cengkeraman pada aspal lebih kuat. Jadi, meskipun diajak melaju dengan kecepatan berapa pun, kendaraan tidak mudah limbung. Tapi jangan sampai ngebut, ya. Sampai kapan pun yang namanya kebut-kebutan sangat dilarang oleh keamanan.

Tahukah apa lagi yang istimewa dari pengisian dengan angin nitrogen? Kendaraan akan lebih menghemat BBM yang dikeluarkan. Tidak bisa dipungkiri, semakin berat beban yang ditanggung kendaraan, maka bahan bakar mudah habis. Secara tidak langsung, ban kendaraan jadi bisa lebih awet.

Yang paling fantastis itu angin nitrogen bisa mencegah ledakan ban saat menggelinding di jalan. Ban meletus di tengah-tengah perjalanan, tentu satu di antara hal yang paling sering dialami oleh kendaraan. Namun, memang harga pengisian angin nitrogen lebih mahal daripada angin biasa. Jika dibandingkan dengan keuntungannya, mahal mana? Harga ban tentunya lebih murah daripada kenyamanan, bukan?